Raker KOMAHI 2023/2024: Penentu Masa Depan

Raker KOMAHI 2023/2024: Penentu Masa Depan

Kepengurusan KOMAHI periode 2022/2023 telah menalami pergantian, hal tersebut menyebakan KOMAHI berada pada kepengurusan yang baru. Dikarenakan berada dibawah kepengurusan yang baru memiliki pemeikiran tersendiri, sehingga kami berinisiatif untuk melaksanakan Raker. Raker sendiri merupakan rapat yang dilakukan untuk menyusun program kerja yang akan dilaksanakan selama setahun, Raker diadakan setiap tahun untuk menentukan program kerja yan akan diadakan selama setahun. Raker kali ini diadakan pada Selasa 28 Februari 2023 bertempatan di ruang A.D. 2.6, Gedung Ahmad Dahlan UNIMUDA Sorong, pada pukul 11.00 WIT sampai dengan pukul 14.00 WIT. Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI), yang merupakan himpunan mahasiswa yang dinaungi oleh Program Studi Hubungan Internasional. Setiap divisi memiliki program-program kerja yang berbeda-beda, kami akan menjabarkan program kerja dari setiap divisi.

Divisi External Affair merupakan divisi yang mengelola dan mengatur kegiatan yang akan dilakukan dengan bekerja sama dengan pihak luar, fokus divisi ini ialah untuk mengembangkan minat bakat mahasiswa di kancah luar perkuliahan. Divisi ini memiliki empat program kerja yakni:

  1. Tea Time

Tea Time merupakan kegiatan sharing dan diskusi bersama yang membahas permasalahan dan isu-isu internasional yang sedang terjadi, dan masih hangat untuk dibicarakan. Kegiatan ini diadakan setiap dua bulan sekali

  1. Lomba-Lomba

Merupakan Kegiatan yang dilakukan untuk memperingati hari-hari besar, kegiatan ini dilakukan dengan mengundang sekolah luar baik jenjang SMA maupun perkuliahan.

  1. Seminar/Webinar

Pada kegiatan ini kami mengundang ahli/profesional untuk melakukan seminar maupun webinar, kegiatan ini akan dilakukan setahun sekali.

  1. Berkunjung Ke Instansi

Kami akan mengunjungi instansi-instansi untuk mempelajari bagaimana kerja disana

Divisi berikutnya yakni Divisi Internal Affair, merupakan divisi yang fokus pada pengembangan minat dan bakat mahasiswa dilingkup kampus. Divisi ini memiliki tujuh program kerja, yakni:

  1. Fund Day

Merupakan kegiatan dimana mahasiswa Hubungan Internasional akan mengasah kemampuan berbahasa Inggrisnya menggunakan berbagai metode, kegiatan ini akan dilakukan setiap dua minggu sekali.

  1. IRFEST

Merupakan kegiatan Matras Prodi yang dibimbing oleh KOMAHI, dan akan dilakukan setahun sekali

  1. Ngabuburit/Bukber

Kami mengadakan buka bersama dosen dan mahasiswa Hubungan Internasional, kegiatan ini kami adakan sekali saat bulan Ramadhan

  1. HUT KOMAHI

Merayakan hari berdirinya KOMAHI UNIMUDA Sorong, setiap tanggal 16 Oktober

  1. SIMULASI MUN (Model United Nation)

Yakni kegiatan dimana kami melakukan simulasi rapat PBB dengann tujuan mengembangkan mahasiswa dalam berpikir kritis dalam bahasa Inggris

  1. Pelatihan Penulisan

Kami mengadakan pelatihan penulisan bagi mahasiswa Hubungan Internasional agar dapat menyiapkan diri untuk menghadapi skripsi.

  1. Pelatihan Public Speaking

Dimana mahasiswa melatih public speaking untuk masa depan

Divisi berikutnya merupakan divisi DANUS (Dana Usaha), divisi ini memiliki tugas untuk menumpulkan anggaran dan dana yang diperlukan apabila KOMAHI ingin membuat suatu kegiatan. Divisi ini sendiri memiliki tiga program, yakni:

  1. Jualan Online

Kami melakukan perdagangan secara online di hari-hari tertentu untuk mengumpulkan dana kas KOMAHI

  1. Iuran Rapat

Memungut Iuran setiap diadakan rapat, rapat besar 10.000 dan rapat kecil 3.000

  1. Mengadakan Atribut & Kelengkapan KOMAHI

Divisi berikutnya yakni Media & Publikasi, divisi ini memiliki tugas seputar dokumentasi dan publikasi. Divisi ini memiliki enam program kerja, yakni:

  1. Pengaktifan Kembali Media Sosial
  2. Pembuatan Banner Hari Besar
  3. Sharing Info-Info Internasional
  4. Pembuatan Berita
  5. Podcast Ringan
  6. Pembuatan Banner, Poster, Flyer pada Setiap Event Baik KOMAHI maupun Prodi

Itulah program kerja yang dibuat oleh seluruh anggota komahi 2023/2024, dengan tujuan memajukan KOMAHI dan Program Studi Hubungan Internasional